Inilah Keunggulan Mitsubishi Mirage


Hasil gambar untuk mitsubishi mirage
Mitsubishi Mirage adalah mobil berjenis hatchback yang pertama kali diperkenalkan mobil konsepnya pada Geneva Auto Show 2011 kemudian diluncurkan di Tokyo Motor Show 2011. Mesin yang pertama beredar di Jepang adalah 1.0L 3 silinder dengan Auto Stop & Go (AS&G), transmisi CVT dan ban 165/65R14.
Mitsubishi Mirage, pemain penting di segmen city car hatchback 1,2-liter. Tidak hanya di Indonesia tapi juga pasar global.Mitsubishi Mirage memiliki banyak keunggulan yang membuatnya pantas untuk dipinang. Apa saja itu?

Mesin Irit

Mesin 3A92 3-silinder 1,2-liter DOHC MIVEC memang dirancang sebagai mesin yang sangat efisien. Itu dibuktikan sendiri oleh pengujian yang dilakukan Lembaga Teknologi Fakultas Teknis (Lemtek) Universitas Indonesia November tahun lalu. Dengan teknik eco driving dan metode full to full, didapat konsumsi BBM 22 km/liter untuk transmisi CVT dan 24,2 km/liter untuk transmisi manual. Untuk pemakaian normal di perkotaan saja, angka 13-14 km/liter masih sanggup dicapai.

Mesin 3-silinder Mirage, paling halus getarannya. Walau tetap terasa karakter suara dan kasarnya 3-silinder, tetap jauh lebih baik ketimbang mesin sejenis di LCGC. Performanya pun memiliki keunikan tersendiri. Jangan anggap remeh tarikannya meski hanya punya tenaga 77 PS dan torsi 100 Nm. Bobot hanya 860 kg dan aerodinamis terbaik di kelasnya (Coefficient of Drag 0,27), membuatnya begitu licin membelah angin.

Suspensi Empuk

Suspensi Mirage yang empuk, memang menyumbang gejala limbung besar. Imbasnya juga cukup mengerikan saat dipacu kecepatan tinggi. Sisi positifnya, kenyamanan tentu didapat. Bantingan suspensi enak dengan peredaman baik untuk menyerap jalanan yang tak ramah. Di antara hatchback 1,2-liter yang ada, Mirage paling empuk dan nyaman.

Build Quality

Mirage bukanlah LCGC karena komponen lokalnya tidak banyak dan harganya jauh lebih tinggi. Tapi kualitas selalu berbanding dengan harga. Material yang digunakan di Mirage, di eksterior maupun interior, terasa solid dan berkualitas tinggi. Perakitan dengan tingkat ketelitian juga sangat baik, finishingnya pun rapi. Jelas kualitas buatannya tidak bisa disejajarkan dengan LCGC.

Dimensi Kecil

Dengan dimensi panjang hanya 3.795 mm, lebar 1.665 mm dan tinggi 1.510 mm, membuat Mirage terlihat begitu mungil. Wajar sebagai mobil perkotaan yang fungsinya sebagai komuter membelah kepadatan lalu lintas. Keuntungannya begitu mudah dikendalikan, praktis dikendarai, gampang parkir apalagi harus berjibaku masuk ke dalam gang kecil. Radius putar hanya 4,4 meter sangat memudahkan saat harus berputar balik. Dimensi mungil bukan berarti kabinnya sempit. Empat orang dewasa masih dapat duduk dengan leluasa, ditambah area bagasi yang sangat memadai. Masih cocok sebagai mobil keluarga kecil Anda.

Setir Ringan

Sistem kemudi sudah Electronic Power Steering (EPS). Jadi perputarannya sangat ringan dan sangat menguntungkan untuk bermanuver. Terutama saat memarkir kendaraan dan menyelinap di tengah kemacetan. Responsnya juga cepat mengikuti pergerakan kemudi. Membuat pengendalian Mirage terasa lincah dan cekatan. Soal ini sudah umum diterapkan untuk mobil perkotaan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>